Sejarah TK Aisyiyah

TK Aisyiyah Balongbendo, yang berdiri sejak tahun 1966 di bawah naungan Yayasan Aisyiyah, adalah lembaga pendidikan islami yang berlokasi di kawasan pedesaan. Sekolah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti Alat Pembelajaran Edukatif (APE) luar ruangan, kolam renang, kolam ikan, serta halaman dengan berbagai tanaman. Di sekitar sekolah terdapat pabrik home industry tempe, area sawah, dan kebun yang sering digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Di sebelah selatan sekolah terdapat KORAMIL dan Panti Asuhan Putri Aisyiyah, sementara di sebelah timur ada masjid yang digunakan untuk shalat dhuha dan kegiatan ibadah lainnya.

TK Aisyiyah Balongbendo memberikan pelayanan holistik untuk anak usia dini, mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan, pengasuhan, serta perlindungan untuk mendukung perkembangan anak secara optimal. Selain itu, sekolah juga menyediakan fasilitas sesuai dengan minat dan bakat anak-anak, dengan menambahkan kegiatan pengembangan diri yang bisa diikuti oleh seluruh peserta didik. Dengan pendekatan ini, TK Aisyiyah Balongbendo berpotensi menghasilkan generasi unggul yang mandiri, cerdas, kreatif, dan berakhlakul karimah.

Visi

“TERBENTUKNYA PRIBADI ANAK YANG MANDIRI, CERDAS, KREATIF DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”

Misi

  1. Menciptakan profil pelajar yang berakhlak mulia dan rajin beribadah.
  2. Meningkatkan mutu lulusan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
  3. Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif kreatif inovatif dan menyenangkan.
  4. Meningkatkan mutu pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan generasi bermoral, kreatif, maju dan mandiri.
  5. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan
  6. Menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat perkembangan intelektual, sosial, emosional, ketrampilan, dan pengembangan budaya lokal dalam kebhinekaan global

Tujuan

  1. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan profil Pelajar Pancasila
  2. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keragaman potensi, minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.
  3. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin beribadah serta kesadaran hidup sehat
  4. Membekali peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
  5. Membekali peserta didik dalam penguasaan digital
  6. Memfasilitasi peserta didik memiliki kepekaan (sensitivitas), kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan keseimbangan (harmoni), hidup bermasyarakat, berguna untuk orang lain